Siapa yang tidak mengenal Motor Harley-Davidson, sebuah "Motor Gede (MoGe)" buatan Amerika Serikat yang legendaris dan tangguh. Harley-Davidson didirikan oleh dua orang yaitu William Harley dan Arthur Davidson. Salah satu pendiri asli dari Harley-Davidson, William Sylvester Harley
lahir 29 Desember 1880, di Milwaukee, Wisconsin Amrika Serikat. William
Harley sangat ambisius, dengan penglihatan yang baik dalam bidang
bisnis, Harley memulai karirnya pada usia 15 ketika ia mulai berkerja di
sebuah pabrik sepeda. William Harley menaruh minat dalam pengembangan
awal dari sepeda, yang memicu daya tarik tentang mekanik dan rekayasa.
Dengan temannya Arthur Davidson, ia mulai perlengkapan sepeda dengan mesin bermotor. Bekerja dengan Arthur Davidson yang merupakan teman masa kecilnya itu, sama seperti Harley, Arthur Davidson
juga memiliki pikiran dalam bidang mekanik. Keduanya juga berbagi minat
yang mendalam tentang sepeda dan yakin mereka bisa menciptakan jenis
baru sepeda mekanik yang akan lebih mudah untuk digunakan.
Segera dua teman ini kemudian mulai bereksperimen dengan mesin berbahan bakar bensin dan mencoba pada sepeda mereka sendiri. Pada tahun 1903 William Harley dan Arthur Davidson serta dua saudara laki-laki dari Arthur Davidson membentuk Perusahaan Harley Davidson Motor Company, sebuah perusahaan Produsen sepeda motor yang kelak akan menjadi besar di dunia. Bertekad untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri, Harley kemudian berangkat untuk kuliah, ia adalah orang yang pertama dalam keluarganya yang kuliah dan akhirnya meraih gelar di bidang teknik mesin dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1907. Setelah selesai menimba ilmu, Harley kemudian kembali ke Milwaukee setelah kuliah dan mulai bekerja kembali dengan Davidson untuk memenuhi impian mereka untuk membangun sepeda bermotor.
menyempurnakan ide sepeda motor dan
menarik bisnis baru. Pada tahun 1909, perusahaan memiliki pabrik
sendiri, mempekerjakan 35 pekerja dan menghasilkan lebih dari seribu
sepeda motor per tahun.
Di balik perkembangan perusahaan, William Harley adalah seorang perfeksionis yang menciptakan dan memasang mesin dua-silinder sepeda motor pertama di dunia. Ia melakukannya pada tahun 1907, dan hanya dalam beberapa tahun kemudian, kemudian dipatenkan menjadi mesin V-Twin yang kemudian meroket dan membantu pertumbuhan produksi perusahaan menjadi 3.200 sepeda dalam setahun. Selama beberapa dekade berikutnya Harley-Davidson terus melihat dorongan besar dalam penjualan dan popularitas. saat AS ikut serta pada Perang Dunia I. Tak tanggung-tanggung, Militer AS pun berani untuk memasukannya dengan jumlah sepertiga dari total 70.000 unit sepeda motor yang dibutuhkan selama perang. Pilihan itu pun tepat, karena sepeda motor Harley-Davidson dapat mempermudah pasukan AS dalam melakukan pengintaian dan pengantaran logistik ke garis terdepan medan pertempuran.
Akhirnya, sepanjang PD I, sekitar 20.000 unit sepeda motor
Harley-Davidson dikirim ke medan pertempuran. Meski masih tersisa 14.600
unit lagi yang belum diproduksi karena berakhirnya perang,
Harley-Davidson berubah bak bintang. Sepeda motor tersebut mendapat
apresiasi luar biasa dari masyarakat AS, karena dinilai cukup membantu
negara "Paman Sam" dalam medan pertempuran. Citra "Motor Nasionalis" pun
disematkan masyarakat kepada sepeda motor tersebut.

Sejumlah media massa ramai memperbincangkan "kehebatan" kendaraan Harley Davidson. Slogan “Uncle Sam’s Choice; Harley-Davidson” pun terpampang dalam salah satu iklan perusahaan tersebut pada era 1920-an. Di masa itu, Harley-Davidson akhirnya memulai masa keemasannya. Harley-Davidson kemudian menjadi legenda dan mampu mengungguli pesaing-pesaingnya hingga menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia hingga masa kini.
Sampai kematiannya, William Harley terbukti berperan dalam keberhasilan perusahaan dan pengenalan sepeda motor baru. Dia adalah seorang pembalap dan memiliki gairah untuk menguji sepeda barunya. Harley meninggal karena gagal jantung pada tanggal 18 September 1943. Ia dimakamkan di Pemakaman Holy Cross dan Mausoleum di Milwaukee. Pada tahun 1998, ia dilantik ke dalam Hall of Fame motor di Columbus, Ohio sekaligus dikenal sebagai "Father of Harley-Davidson" bersama Arthur Davidson.
Referensi :
-http://intipsejarah.blogspot.com/2014/08/sejarah-motor-harley-davidson.html
- http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-william-harley-pendiri-harley.html
Segera dua teman ini kemudian mulai bereksperimen dengan mesin berbahan bakar bensin dan mencoba pada sepeda mereka sendiri. Pada tahun 1903 William Harley dan Arthur Davidson serta dua saudara laki-laki dari Arthur Davidson membentuk Perusahaan Harley Davidson Motor Company, sebuah perusahaan Produsen sepeda motor yang kelak akan menjadi besar di dunia. Bertekad untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri, Harley kemudian berangkat untuk kuliah, ia adalah orang yang pertama dalam keluarganya yang kuliah dan akhirnya meraih gelar di bidang teknik mesin dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1907. Setelah selesai menimba ilmu, Harley kemudian kembali ke Milwaukee setelah kuliah dan mulai bekerja kembali dengan Davidson untuk memenuhi impian mereka untuk membangun sepeda bermotor.
![]() |
Pendiri Harley-Davidson |
Berawal Dengan Mesin 60 cc
HARLEY dan Davidson memulai perjalanan panjang ini pada 1903, ketika
usia mereka masih di awal 20-an. Hasil perdana utak-atik dua anak muda
ini adalah mesin satu silinder dengan kapasitas 60 cc. Bisa jalan dan
berhasil melahap tanjakan dengan gampang. Belakangan, karena sukses ini,
dua saudara Arthur, Walter dan William Davidson, ikut bergabung. Dua
tahun kemudian, mereka sepakat melembagakan usahanya itu ke dalam
Harley-Davidson Motorcycles Co.
Ketika berdiri, perusahaan itu baru memproduksi tiga unit motor. Ketiga
motor itu dihasilkan dari ''pabrik'' di halaman rumah milik keluarga
Davidson. Yang disebut pabrik itu adalah gubuk kecil di belakang rumah
keluarga Davidson. Pada 1906, perusahaan itu pindah ke Juneau Avenue,
menempati ruangan lebih luas. Karena lebih leluasa, tahun itu
Harley-Davidson bisa menghasilkan 150 unit motor. Kebanyakan motor
mereka dibeli kepolisian setempat. Alasannya, motor Harley-Davidson bisa
dipacu dengan kecepatan cukup tinggi, dan lincah.
Enam tahun setelah berdiri, Harley-Davidson memperkenalkan mesin dua
silinder konfigurasi V dengan sudut 45 derajat. Kapasitas mesin itu 49,5
kubik inci (sekitar 790 cc) dan mampu menghasilkan sekitar tujuh tenaga
kuda. Dengan mesin itu, kecepatan 60 mil per jam bisa dicapai. Ketika
itu, Harley-Davidson tak mengira mesin model itu bakal jadi salah satu
ciri khas produk mereka.
Tahun yang sama, Harley-Davidson berhasil menerobos angka produksi 1.000
unit, tepatnya 1.149 unit. Persaingan dari pabrik lain mulai terasa,
dua tahun kemudian. Rupanya, sukses Harley-Davidson menjadi inspirasi
bagi pabrik lain untuk memulai usaha. Pada 1911, paling tidak muncul
sekitar 150 merek motor. Mereka tentu jadi pesaing Harley-Davidson,
walaupun tak berat-berat betul. Buktinya, Harley-Davidson tak sulit
menambah produksi. Pada 1913, ketika pabrik sudah diperluas, produksi
Harley-Davidson hampir mencapai 13.000 unit. Jumlah itu bertambah lagi
selama periode 1916 sampai 1918, menjadi sekitar 20.000 unit. Ini
terutama karena Pemerintah Amerika Serikat memesan kendaraan roda dua
untuk keperluan Perang Dunia I.
Menaklukan The Great Depression
MEMASUKI 1920-an, Harley-Davidson menjadi pabrik motor terbesar di
dunia, dengan jumlah produksi 28.189 unit. Untuk memasarkan produknya
itu, Harley-Davidson punya agen di 67 negara. Pada dekade ini,
Harley-Davidson memperkenalkan sejumlah inovasi. Kapasitas mesin V
dikembangkan menjadi 74 inci kubik (sekitar 1.184 cc). Tangki bensin
desain tetes air mata diperkenalkan pada 1925. Pada 1928, motor
Harley-Davidson mulai dilengkapi rem depan. Semua prestasi itu cukup
menjadi modal Harley-Davidson dalam menghadapi The Great Depression,
resesi ekonomi 1933. Walau jumlah produksi menurun sampai 3.700 unit,
Harley-Davidson mampu bertahan. Pembuat motor lain yang juga bertahan
adalah Indian. Perusahaan ini kemudian menjadi satu-satunya pesaing
Harley-Davidson hingga 1950-an.
Ketika depresi selesai, Harley-Davidson langsung tancap gas. Mereka
memperkenalkan model EL dengan mesin berkapasitas 976 cc. Model mesin
seperti ini populer dengan sebutan Knucklehead. Dengan Knucklehead,
Harley-Davidson perlahan bangkit. Pada 1936, jumlah produksi
Harley-Davidson mencapai 9.812 unit. Perang Dunia II membawa berkah
tersendiri, sekaligus menjadi tonggak sejarah baru bagi Harley-Davidson.
Setelah Jepang menyerang Pearl Harbour, seluruh kemampuan produksi
Harley-Davidson dialokasikan untuk menghasilkan motor bagi kepentingan
pasukan Sekutu. Kebutuhan konsumen sipil ditinggalkan sama sekali.
Selama 1941-1945, sekitar 90.000 unit Harley-Davidson seri WML dibuat.
Untuk prestasi itu, Harley-Davidson mendapat medali ''E'' dari Angkatan
Laut Amerika Serikat. Usai perang, Harley-Davidson kembali membuka keran
produksi sipilnya. Eh, ternyata banyak veteran perang yang kepincut
performa motor itu, dan ingin mengembalikan romantisme mengendarai
Harley-Davidson. Ribuan unit Harley-Davidson, baik produksi sesudah
perang maupun model lama, berpindah ke rumah para veteran, cikal bakal
penggemar fanatik Harley-Davidson.
Bersaing dengan Indian
PADA 1948, produksi Harley-Davidson menjadi 31.163 unit. Tahun itu,
Harley-Davidson kembali memperkenalkan inovasi barunya, yaitu mesin 74
inci kubik yang dilengkapi hydraulic valve lifters dan cylinder head
aluminium. Mesin ini disebut The Panhead karena tutup kepala silindernya
menyerupai penggorengan terbalik. Memasuki 1950-an, generasi kedua
keluarga pendiri mulai menjadi motor penggerak perusahaan itu. Ketika
merayakan hari jadi ke-50, Harley-Davidson tinggal sendirian di pasar
motor Amerika. Pesaing tradisionalnya, Indian, sudah gulung tikar. Pada
1957, Harley-Davidson memperkenalkan The Sportster, yang disebut-sebut
sebagai The Father of Superbikes, biangnya motor besar. Setahun
kemudian, Harley-Davidson memperkenalkan Duo Glide, yang menggunakan
suspensi belakang hidrolik untuk melengkapi suspensi depan yang
menggunakan model garpu.
Berikutnya, pada 1963, Harley-Davidson mengadopsi penggunaan fiberglass
ke dalam motor-motornya. Untuk keperluan ini, mereka membeli 60% saham
Tomahawk Boat Manufacturing Co, produsen fiberglass di Wisconsin. Tahun
1950-1960 juga ditandai dengan hadirnya komunitas bikers, yang
memperkenalkan budaya pengendara motor. Mereka gampang dikenali karena
menggunakan jaket kulit, penuh tato, dan berambut panjang. Citra Wild
Ones ini diperkenalkan Marlon Brando lewat film berjudul sama. Komunitas
resmi Harley-Davidson sendiri baru didirikan pada 1983, dengan nama
Harley Owner Group (HOG). Ini menjadi komunitas pemilik Harley-Davidson
terbesar yang disokong langsung oleh produsen. Saat ini, jumlah anggota
HOG mendekati satu juta orang di seluruh dunia.
Masa Gelap Akibat Merger
Pada 1965, Harley-Davidson masuk bursa. Empat tahun kemudian, American
Machine and Foundry (AMF) melakukan merger dengan Harley-Davidson.
Namun, masa merger ini dianggap sebagai masa paling gelap dalam sejarah
Harley-Davidson. Pasalnya, pada 1970 dan 1980, motor buatan Jepang yang
harganya sangat murah memasuki pasar. Ketika Honda, Kawasaki, dan Suzuki
masuk pasar Amerika Serikat, pangsa pasar Harley-Davidson turun
drastis. Dari semula 80% pada 1969, menjadi 20% sepuluh tahun kemudian.
Penurunan pangsa pasar itu membuat gerah sejumlah eksekutif
Harley-Davidson. Mereka pun mencari jalan untuk menyelamatkan
perusahaan.
Untuk mengembalikan Harley-Davidson ke khitahnya, mereka mengajukan
proposal ke Citicorp. Dengan sokongan dana US$ 80 juta dari Citicorp,
mereka membeli kembali saham yang dikuasai AMF (Citicorp menjual saham
itu ke Heller-Financial Corporation pada 1986). Konsep dan filosofi
produksi dan jualan Harley-Davidson pun diperbaiki. Semula, motor
Harley-Davidson adalah produk yang terjangkau dan mudah dipakai serta
dimodifikasi. Itu diubah dengan menjadikan Harley-Davidson produk mahal
dan onderdilnya sulit dicari. Untuk mengganti lampu belakang, misalnya,
pemilik motor Harley-Davidson tak bisa cuma membeli batoknya. Tapi harus
membeli keseluruhan sepatbornya. Selain Marlon Brando, sejumlah
selebriti menjadikan motor Harley-Davidson bagian dari penampilan
mereka. Baik di layar lebar, layar kaca, maupun dalam kehidupan
sehari-hari. Pada 1956, Elvis Presley, si Raja Rock 'n' Roll, dan sebuah
motor Harley-Davidson menjadi sampul majalah Enthusiast.
Pertengahan 1990-an, Arnold Schwarzeneger tampil dengan Harley-Davidson
di film Terminator. Aksi Lorenzo Lamas dan Harley-Davidson Softail
bertangki bensin kuning dengan lidah api merah dalam film serial
Renegade juga menjadi tontonan favorit pada akhir 1990. Aktor Keanu
Reeves juga sempat membagikan 12 unit Harley-Davidson, yang total
harganya mencapai US$ 200.000, kepada semua pemeran pengganti film
Matrix Reloaded. Menurut Reeves, ini merupakan tanda terima kasihnya
kepada para stuntman itu.
Mereka memulai mengoperasikan perusahaan Harley Davidson Motor Company
dari sebuah gudang kecil di halaman belakang keluarga Davidson. Nama
Harley dipasang di awal karena ide asli datang dari pemikirannya tentang
sepeda motor. Pada tahun pertama, perusahaan menghasilkan tiga sepeda,
yang termasuk sepeda engkol dan pedal serta motor satu silinder. Selama
beberapa tahun ke depan, perusahaan
Di balik perkembangan perusahaan, William Harley adalah seorang perfeksionis yang menciptakan dan memasang mesin dua-silinder sepeda motor pertama di dunia. Ia melakukannya pada tahun 1907, dan hanya dalam beberapa tahun kemudian, kemudian dipatenkan menjadi mesin V-Twin yang kemudian meroket dan membantu pertumbuhan produksi perusahaan menjadi 3.200 sepeda dalam setahun. Selama beberapa dekade berikutnya Harley-Davidson terus melihat dorongan besar dalam penjualan dan popularitas. saat AS ikut serta pada Perang Dunia I. Tak tanggung-tanggung, Militer AS pun berani untuk memasukannya dengan jumlah sepertiga dari total 70.000 unit sepeda motor yang dibutuhkan selama perang. Pilihan itu pun tepat, karena sepeda motor Harley-Davidson dapat mempermudah pasukan AS dalam melakukan pengintaian dan pengantaran logistik ke garis terdepan medan pertempuran.
![]() |
Bentuk Pertama dari Motor Harle-Davidson |
Sejumlah media massa ramai memperbincangkan "kehebatan" kendaraan Harley Davidson. Slogan “Uncle Sam’s Choice; Harley-Davidson” pun terpampang dalam salah satu iklan perusahaan tersebut pada era 1920-an. Di masa itu, Harley-Davidson akhirnya memulai masa keemasannya. Harley-Davidson kemudian menjadi legenda dan mampu mengungguli pesaing-pesaingnya hingga menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia hingga masa kini.
Sampai kematiannya, William Harley terbukti berperan dalam keberhasilan perusahaan dan pengenalan sepeda motor baru. Dia adalah seorang pembalap dan memiliki gairah untuk menguji sepeda barunya. Harley meninggal karena gagal jantung pada tanggal 18 September 1943. Ia dimakamkan di Pemakaman Holy Cross dan Mausoleum di Milwaukee. Pada tahun 1998, ia dilantik ke dalam Hall of Fame motor di Columbus, Ohio sekaligus dikenal sebagai "Father of Harley-Davidson" bersama Arthur Davidson.
Referensi :
-http://intipsejarah.blogspot.com/2014/08/sejarah-motor-harley-davidson.html
- http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-william-harley-pendiri-harley.html
Saya Ingin Merekomendasikan Situs
BalasHapusAgen Poker Online Sekarang bisa
Deposit Via E-Money (OVO, LINK AJA, DOKU,
PAYPRO, GOJEK, T-CASH, DANA & GOPAY).
Deposit Pulsa Via (TSEL & XL)
Tunggu Apalagi Ayo Bergabung bersama
kami kartubos88.fun
Dan kartubos Mempunyai Hadiah Buat
Member Baru Ya..
AYO KEPOIN KAMI...!!!
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi contact dibawah ini!!
Website : WWW.KARTUBOS88.FUN
WA : +855-96-438-7988
LINE : kartubos
FB : lapakbosque
SKYPE : @kartubos378
TWITTER : @kartubos
https://imgur.com/GCjuo3i
https://linktr.ee/melda789
judi slot terbaik 2019
BalasHapusjudi slot terpopuler
judi slot terbanyak
judi slot online terpercaya
https://taruhanslot.live/cara-menjadi-member-slot-online-dengan-mudah/
BONUS 10% MEMBER BARU SLOT VIVOSLOT, JOKER123, PLAY1628
Judi Slot Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Taruhan Slot Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.
INFO Pendaftaran Slot Online : http://159.89.197.59/register/
INFO Artikel Slot Online : https://taruhanslot.live
WITHDRAW BESAR
JACKPOT BESAR
SLOT GAMES!!
Buruan Daftar , Main dan Withdraw Bersama Agen Judi online BOLAVITA kembali.
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita